Evaluasi dan Bimbingan Mentor Bagi Cakim di PA Buntok

0 votes

Rabu, 18 April 2018 Bertempat di Perpustakaan Pengadilan Agama Buntok, Bapak M. Mustalqiran T., S.HI., M.H. salah satu Hakim Pengadilan Agama Buntok sekaligus sebagai mentor untuk keenam Calon Hakim Mahkamah Agung RI yang sedang melakukan masa Habituasi di Pengadilan Agama Buntok, dalam kesempatan tersebut memberikan arahan dan evaluasi kepada peserta Habituasi dalam melaksanakan masa Habituasinya yang sudah berjalan hampir tiga minggu ini.

Evaluasi tersebut berjalan secara interaktif antara peserta Habituasi dan Mentor, keenam Peserta Habituasi yang terdiri dari Calon Hakim, mereka diminta oleh mentor untuk menjelaskan secara detail mengenai Aktualisasi yang sudah dilakukan selama tiga minggu saat berada di Pengadilan Agama Buntok, serta menjelaskan program yang sedang berjalan. Evaluasi tersebut bertujuan agar peserta Habituasi mampu mengerjakan dengan maksimal apa yang telah direncanakan sebelumnya.

“Saya minta kepada semua peserta Habituasi, untuk menjelaskan kegiatan masing-masing yang sudah berhasil dilakukan dan kegiatan yang sedang dikerjakan, agar proses aktualisasi rancangan yang telah dibuat pada saat Latsar semuanya mampu dikerjakan tanpa ada kendala yang membuat kegiatan tersebut tidak terlaksana” Ujar Mentor pada saat memberikan arahan.

Salah satu peserta Habituasi yaitu Shoim, SHI. Calon Hakim yang berasal dari Tuban Jawa Timur dan juga merupakan Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya ini, menjelaskan tentang program yang sudah dilakukan, salah satunya adalah sudah berhasil membuat Digitalisasi Panjar Biaya Perkara Secara Online di Pengadilan Agama Buntok, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan tim IT dari Pengadilan Agama Buntok.

“Saya (Shoim-red) sudah melakukan beberapa program aktualisasi yang  sudah selesai, dan selanjutnya adalah tahapan evaluasi dari mentor, salah satunya adalah pembuatan Digitalisasi Panjar Biaya secara online yang merupakan hasil kolaborasi dengan tim IT Pengadilan Agama Buntok, semoga dengan adanya kegiatan habituasi kami para Calon Hakim disini bias sedikit membantu Optimalisasi pelayanan publik di pengadilan Agama Buntok, agar semakin baik lagi kedepanya” Sambungnya.

Selain arahan dan evaluasi dalam kesempatan tesebut Hakim Mentor asli Bengkulu tersebut, juga memberikan motivasi kepada seluruh calon hakim, bahwa proses yang dijalani sekarang adalah sesuatu yang akan mengantarakan kesuksesan anda (Calon Hakim-red) dimasa depan, jadi nikmati dan maksimalkan proses habituasi ini, karena Calon Hakim letting delapan merupakan penerus dan harapan baru dunia peradilan Indonesia dimasa depan.

“Nikmati dan jalani proses habituasi ini agar anda sukses dimasa depan, karena apa yang anda (Calon hakim-red) lakukan sekarang ini adalah penentu anda (Calon  Hakim-Red) dimasa depan, karena anda semua adalah calon pemimpin masa depan dan harapan baru dunia peradilan Indonesia di masa depan” Pungkas Bapak Mustalqiran. (Ditulis oleh Shoim)

Komentar Anda :
Terjemahan (Translate) »