Empat Pilar PA Buntok Mengikuti Pembinaan Di Balikpapan

0 votes

Selama dua hari (tanggal 12-13 Juli 2018), Pengadilan Agama (PA) Buntok bersama pengadilan-pengadilan lainnya mengikuti pembinaan dari pimpinan Mahkamah Agung RI dan Pejabat Eselon 1 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Pembinaan yang diikuti oleh Pengadilan Agama Buntok tersebut diwakili oleh Bapak Afrizal, S.Ag., M.Ag. (Ketua PA Buntok), Bapak H. Muhammad Gafuri Rahman, S.Ag., MHI. (Wakil Ketua), H. Muhammad Sidik, SH. (Panitera), Akhmad Syahida, SHI. (Kasubag Umum dan Keuangan/mantan Plt. Sekretaris).

Pada kesempatan tersebut disampaikan agenda-agenda dan kebijakan terbaru Mahkamah Agung RI yang segera diterapkan ke seluruh pengadilan-pengadilan di Indonesia, salah satu kebijakan dalam waktu dekat adalah mengenai kebijakan e-court. Serta Penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Periode ke-II oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Pengertian e-court sendiri adalah sebuah instrumen pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara  secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik, daan kesimpulan) dan Pemanggilan secara online. Aplikasi e-court perkara diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dalam fungsinya menerima pendaftaran perkara secara online  dimana masyarakat akan menghemat waktu dan biaya saat melakukan pendaftaran perkara.

Materi pokok lain dalam pembinaan tersebut adalah agar empat pilar pengadilan: Ketua; Wakil Ketua; Panitera; dan Sekretaris menjaga sinergitas supaya kebjikan pengadilan dapat terlaksana secara maksimal kemudian pelayanan kepada publik tetap terjaga dan terus meningkat.

Setelah menghadiri pembinaan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Buntok, Bapak Afrizal, S.Ag., M.Ag. saat masuk kerja langsung mengadakan rapat kemudian menyampaikan hasil pembinaan tersebut sekaligus meminta seluruh aparat pengadilan agar menjaga kinerja demi pelayanan publik yang maksimal. Ditulis Oleh Aman S

Komentar Anda :
Terjemahan (Translate) »