Kedatangan Kembali Calon Hakim PA Buntok Pasca Ujian Laporan Aktualisasi

0 votes

Pengadilan Agama Buntok menyambut dengan baik kembalinya rombongan calon hakim (cakim) di PA Buntok setelah kurang lebih 1 minggu lamanya mereka ijin tidak masuk kerja untuk mengikuti ujian Laporan Aktualisasi yang dilakukan oleh Mahkamah Agung pada tanggal 15-17 Juli 2018 lalu (16/07/2018).

Para calon hakim yang lulus seleksi MA dan ditetapkan sebagai Cakim tersebut mengikuti ujian aktualisasi yang terbagi di dua tempat berbeda. Dari 6 cakim yang ada di PA Buntok, 5 orang cakim mengikuti ujian Laporan Aktualisasi di Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin yaitu Aman Susanto, S.H.I., M. Basthomy Firdaus, S.H., Moh. Fathi Nasrullah, S.H.I., Muhammad Najid Aufar, S.H.I., serta Shoim, S.H.I. sedang seorang lagi mengikuti ujian di Balai Diklat Keagamaan Palembang yaitu Achmad Fachruddin S.H.I,.

Ujian Laporan Aktualisasi ini merupakan puncak dari rangkaian masa Habituasi (pembiasaan) dan Aktualisasi kegiataan CPNS Cakim yang dimulai dari pembekalan di Pusdiklat Megamendung Bogor pada 20-22 Februari 2017 serta pendidikan dan pelatihan (Diklatsar) selama 33 hari kerja, selanjutnya menjalani masa Habituasi (pembiasaan) dan aktualisasi kegiatan CPNS selama 80 hari kerja di PA Buntok, dan puncaknya yaitu ujian Laporan Aktualisasi pada 15-17 Juli 2018 di BDK Banjarmasin dan BDK Palembang.

Selanjutnya, setelah mengikuti rangkaian masa Habituasi dan ujian Laporan Aktualisasi, Para Cakim tinggal pengumuman hasil ujian tersebut dan menunggu jadwal pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu (PPC) yang rencananya akan diadakan mulai akhir Agustus 2018 mendatang. Ditulis oleh basthomy

Komentar Anda :
Terjemahan (Translate) ยป