Pengadilan Agama Buntok Melaksanakan Sidang di Luar Pengadilan di Kelurahan Pendang, Kecamatan Dusun Utara

0 votes

Hits: 6

Pengadilan Agama Buntok telah melaksanakan Sidang Itsbat Nikah di Kelurahan Pendang, Kecamatan Dusun Utara pada tanggal 25 April 2019 bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Selatan menggunakan dana anggaran dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Selatan tahun anggaran 2019.

Desa Pendang terletak di Kecamatan Dusun Utara hanya bisa ditempuh melalui jalur sungai dengan menggunakan speedboat atau motor klotok. Menggunakan speedboat memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan sedang mengunakan motor klotok lebih lama sekitar 4 jam.

Dari Pengadilan Agama Buntok, hakim yang bersidang yaitu Ketua Pengadilan Agama Buntok H. Muhammad Gafuri Rahman, S.H.I., M.H.I, sebagai Ketua Majelis, Hakim Anggota Wiryawan Arif, S.H., M.H. dan M. Mustalqiran T, S,H.I., M.H. dibantu Panitera            H. Muhammad Sidik, S.H., Panitera Muda Permohonan Hj. Tina Rofiqoh, S.H. dan Panitera Muda Hukum Ibamsyah, S.H. masing-masing sebagai Panitera Pengganti dan dibantu oleh 2 (dua) orang staf Jurusita Pengganti Herliany Guspitawati, S.H., M.Hum dan honorer Icha, S.H.  Sedangkan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Selatan terdiri dari Adenan, S.E., (Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil) dan 3 (tiga) orang stafnya.

Dari 18 perkara yang disidangkan telah dikabulkan semua permohonannya oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Buntok, terkecuali satu perkara dinyatakan gugur oleh Majelis Hakim karena para Pemohon tidak hadir tanpa keterangan dalam persidangan.

Bagi kedua hakim Wiryawan Arif, S.H., M.H. dan M. Mustalqiran T, S,H.I., M.H. sidang Itsbat Nikah di Kelurahan Pendang ini ada kemungkinan merupakan sidang terakhir bagi keduanya yang dilaksanakan di luar Pengadilan, sebab kedua hakim tersebut telah masuk dalam TPM Mahkamah Agung RI., tinggal menunggu SK dan pelantikannya saja. Wiryawan Arif, S.H., M.H. mutasi ke Pengadilan Agama Muara Teweh wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, sedangkan M. Mustalqiran T, S,H.I., M.H. mutasi di luar Kalimantan yaitu ke Pengadilan Agama Sarolangon wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jambi.

Demikian sekilas catatan Sidang Itsbat Nikah Pengadilan Agama Buntok di Kelurahan Pendang, Kecamatan Dusun Selatan. Oleh Ibram’s

Terjemahan (Translate) »