Buka Puasa Bersama dan Safari Ramadhan 1440 H di Pengadilan Agama Buntok

0 votes

Hits: 23

Pada hari Rabu, 22 Mei 2019 pukul 16:00 WIB s.d. 18:30 WIB, Pengadilan Agama Buntok mengadakan acara Buka Puasa Bersama & Safari Ramadhan 1440 H di ruang sidang utama Pengadilan Agama Buntok dengan tema “Dengan Buka Bersama Kita Pererat Ukhuwah Islamiyah” yang diselenggarakan oleh Panitia Gabungan antara Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Buntok bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Barito Selatan.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Buntok dan  Ketua Pengadilan Negeri Buntok serta jajarannya selaku penyelenggara, Bupati, Wakil Bupati, Sekertaris Daerah dan jajaran pejabat  dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan, Kaporles Barito Selatan , Kepala Kejari Buntok, Kepala Kementerian Agama Barito Selatan, Dandim 1012/Buntok, Ketua MUI Barsel, pengurus Dharmayukti Karini Cabang Buntok, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Barito Selatan.

Acara Buka Puasa bersama diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, dilanjutkan dengan Sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Buntok, H. Muhammad Gafuri Rahman, S.Ag., M.H.I yang menyampaikan ucapan syukur atas terselenggaranya acara ini dengan baik dan lancar. “Syukur Alhamdulillah acara buka puasa bersama yang diselenggarakan secara gabungan oleh PA dan PN Buntok bersama dengan Pemkab. Barsel dan Unsur FORKOPIMDA di Kabupaten Barsel berlangsung dengan baik dan lancar. Acara ini juga merupakan agenda rutin jajaran FORKOPIMDA Barsel yang diadakan setiap tahunnya. Lebih lanjut, acara ini juga menjadi istimewa karena diadakan secara gabungan oleh PA dan PN Buntok, sementara pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini dilangsungkan secara terpisah oleh PA dan PN Buntok”, terang Pak Gafuri. Hal tersebut tidak terlepas dari inisiasi dan komunikasi yang dilakukan oleh Ketua PA Buntok (Bapak H. Muhammad Gafuri Rahman, S.Ag., M.H.I.) dengan Ketua PN Buntok (Bapak Bayu Seno Mahartoyo Sukmo S.H.,M.H.) guna melaksanakan acara gabungan ini secara bersama. Mengingat, baik PA dan PN sama-sama merupakan lembaga yudikatif yang berada di bahwa Mahkmah Agung RI. Hal tersebut tidak terlepas dari inisiasi dan komunikasi yang dilakukan oleh Ketua PA Buntok (Bapak H. Muhammad Gafuri Rahman, S.Ag., M.H.I.) dengan Ketua PN Buntok (Bapak Bayu Seno Mahartoyo Sukmo S.H.,M.H.) guna melaksanakan acara gabungan ini secara bersama. Mengingat, baik PA dan PN sama-sama merupakan lembaga yudikatif yang berada di bahwa Mahkmah Agung RI.

Bapak H. Muhammad Gafuri Rahman, S.Ag., M.H.I juga memaparkan tentang kondisi Pengadilan Agama Buntok dan keadaan perkara Pengadilan Agama Buntok, sisa tahun lalu jumlah 35 perkara ditambah perkara yang masuk tahun 2019 sampai dengan tanggal 22 Mei 2019 sebanyak 172 perkara sehingga berjumlah 207 perkara dan telah diputus sebanyak 173 perkara, tersisa 34 perkara. Kemudian beliau menyampaikan bahwa sebelumnya Hakim Pengadilan Agama Buntok berjumlah 7 orang hakim, namun dengan adanya pemekaran wilayah 7 Pengadilan Agama baru telah dibentuk di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, hakim Pengadilan Agama Buntok tersisa 3 orang hakim, karena keempat hakim tersebut telah mutasi ke Pengadilan Agama baru dan Pengadilan Agama lainnya. Meskipun hanya 3 orang hakim dan beberapa pegawai yang tersisa, namun Pengadilan Agama Buntok mampu mempertahankan predikat “A” Excelent yang diberikan penilaian oleh Mahkamah Agung RI, dalam pelayanan sebagaimana telah didapat pada tahun sebelumnya, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakan pencari keadilan. Beliau menyampaikan pula bahwa baru saja Pengadilan Agama Buntok telah kedatangan satu orang hakim, telah dilantik pada tanggal 21 Mei 2019 yang lalu, sehingga bertambah menjadi 4 orang hakim, kemudian pada tanggal 27 Mei 2019 akan dilantik pula seorang Wakil Ketua, namun 2 hari kemudian Pengadilan Agama Buntok akan ditinggal oleh hakim yang lama karena mutasi ke Pengadilan Agama Sarolangun dan Pengadilan Agama Muara Teweh. Dengan demikian hakim Pengadilan Agama Buntok kembali menjadi 3 orang hakim lagi. Demikian Ketua Pengadilan Agama Buntok menyampaikan keadaan Pengadilan Agama Buntok dalam sambutannya, semoga Bapak Bupati, Wakil Bupati dan masyarakat Kabupaten Barito Selatan memakluminya, dengan segala keterbatasan namun pelayanan tetap yang utama.

Setelah sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Buntok, dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Barito Selatan, Bapak H. Abdul Majid Rahimi, S.Ag. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan tentang pengalaman spiritual pribadi beliau, perjalanan hidup yang hampir menjemput ajal yang dirasakan oleh beliau, karena menahan sakit yang luar bisa yaitu sakit lambung kronis. Dari pengalaman sakit itu lah beliau berjanji untuk tidak menyia-nyiakan waktu dan selalu berzikir kepada Allah SWT. Semoga menjadi pelajaran bagi kita yang sehat.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama serta sholat maghrib berjama’ah yang dipimpin oleh salah satu tokoh agama di Kabupaten Barito Selatan, yakni Ustadz Muhammad Sibawaihi, Lc. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian tanda mata kepada Bapak/Ibu para purna bhakti yang pernah bertugas di PA Buntok serta foto bersama keluarga besar PA dan PN Buntok selaku penyelenggara kegiatan. Oleh : H. Rahmat Hidayat S.H.I., M.H., Ibramsyah, S.H., dan Zuse Marafa Yunianto, S.H.

Terjemahan (Translate) »